Posted by : pociak.com Monday 31 August 2015

teka teki matematika

Gambar diatas atau soal diatas merupakan soal ujian masuk sekolah dasar Hong Kong untuk anak yang berusia 6 tahun. Soal tersebut harus diselesaikan dalam waktu 20 detik. Soal ini tampaknya sederhana tapi banyak beberapa orang yang kebingungan atau pusing dalam menyelesaikan / memecahkan jawabannya. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang tidak tahu, pusing dan kebingungan mencari jawaban dari pertanyaan yang sederhana ini.

Dari gambar diatas tampak sebuah tempat parkir mobil dengan bertuliskan angka disetiap tempat parkir. Di salah satu tempat parkir, ada sebuah mobil yang terparkir dan menutupi angka dibawahnya. Jadi, para siswa diminta untuk menyebutkan angka berapa yang ada dibawah mobil yang terparkir tersebut. Angka yang saat ini terlihat adalah 16, 06, 68, 88, ....., 98. Angka berapakah yang tertutup oleh mobil tersebut?

Jawaban dari soal diatas adalah sebagai berikut :

Melihat gambar atau soal diatas, soal tersebut terlihat gampang-gampang susah, apalagi itu hanya sebuah soal untuk anak yang berusia 6 tahun yang mengikuti ujian tes masuk sekolah dasar, namun jawabannya juga tidak terpecahkan.
Tapi setelah anda mengetahui jawabannya nanti, pemecahannya jauh lebih mudah dari pemikiran  atau kesan anda saat pertama mengetahui soal sederhana ini.

Berikut uraian penyelesaiannya dari soal ini :

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membalikkan gambar tersebut.


Dengan demikian anda akan melihat urutan angka yang sebelumnya : 16, 06, 68, 88, ...., 98
setelah dibalik angka tersebut menjadi : 86,...., 88, 89, 90, 91.

Sekarang anda sudah mengetahui angka berapa yang ada dibawah mobil tersebut. Dan Jelaslah angka yang tertutupi mobil itu adalah 87

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Pociak.com - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -