Posted by : pociak.com Thursday 1 October 2015

Untuk diketahui dalam menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan sangatlah penting. Karena dengan keseimbangan tersebut kita dapat berfikir kreatif, memiliki insting atau ingatan yang tajam, menulis dengan kreatif dan mampu membaca dengan pemahaman yang penuh. Otak kiri dan Otak kanan memiliki fungsi masing-masing, berikut penjelasannya :
  • Otak Kiri : Otak belahan kiri ini memiliki karakteristik yang berhubungan dengan kemampuan dalam analisis, berfikir logis, memilih sesuatu yang berurutan, rasional dan objektif. Orang yang dominan menggunakan otak kirinya lebih tertarik dengan angka-angka atau hitungan, logika dan kata-kata symbol atau huruf. Orang yang dominan otak kirinya juga memiliki kemampuan analisa yang baik, berpengalaman dalam perencanaan, dan orang ini juga sangat jarang melakukan persiapan disaat-saat terakhir. 
  • Otak Kanan : Otak belahan kanan memiliki karakteristik dalam hal kreatifitas, subjektif, dan pandai bersosialisasi atau bergaul. Orang yang dominan menggunakan otak kanannya lebih tertarik atau menyukai gambar, diagram, grafik, warna dan khayalan. Orang yang dominan otak kanannya juga memiliki pemikiran yang kreatif dibidang seni atau bidang-bidang lainnya. orang ini memiliki waktu yang tepat untuk mendahulukan hal-hal yang sulit karena sebagian besar keputusan yang dibuat pada saat terakhir. 
Idealnya otak kiri dan otak kanan harus seimbang agar semuanya berfungsi secara optimal. Jika keduanya seimbang maka orang tersebut akan menjadi orang yang cerdas dan pandai bergaul ataupun bersosialisasi.

Untuk melatih keseimbangan antara otak kiri dan otak kanan, lihat gambar dibawah ini :

asah otak

"UCAPKAN "WARNANYA" BUKAN "TULISANNYA"

  • Otak Kanan akan berusaha mengucapkan warnanya
  • Otak Kiri akan berusaha membaca tulisannya

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Pociak.com - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -